Tips, Trik, Information

Selasa, 04 Mei 2010

Cara cepat Mencari Persamaan Garis Sejajar


Pada waktu aku SMP kelas VIII, ini adalah materi yang termasuk sulit untukku. Bukannya gak maksud, emang bener ini adalah materi yang sukar. Apalagi yang ngajar semaunya sendiri, ugh . . . mangkeli banget. Pada sampai akhirnya, materi ini keluar pada SKL Ujian Nasional (2009/2010) kemarin. Tapi, alhamdulillah aku bisa ngerjain soal-soal yang kayak gitu (aljabar). Aku punya cara cepetnya buat ngerjain soal-soal yang berhubungan dengan materi PERSAMAAN GARIS. Cara ini aku dapet waktu aku ikut Bimbingan Belajar waktu Kelas IX. Kali ini saya akan telling tentang Persamaan garis yang sejajar melalui suatu titik. Tapi, sebelum kita menuju ke materi yang sudah saya siapkan, temen-temen yang belum tahu apa itu persamaan garis sejajar yang sedang saya singgung, mungkin teman-yeman akan ingat setelah melihat soal ini.

Berapakah Persamaan garis Ax+By-C=0 sejajar melalui titik (a,b).

Kalo di sekolahan kalian pasti diajarinnya suruh nyari gradien dulu, baru pake rumus ne...

ALT TAGS - rumus persamaan garis sejajar (lama) [1] , Sarker blog

Lalu adakah rumus yang lebih cepat untuk mencari Persamaan garis yang sejajar melalui suatu titik? Ya ada lah! Kan aku tadi udah ngomong.

Oke lah kalo begitu kita langsung menuju ke rumusnya. Untuk mencari Persamaan garis yang sejajar melalui suatu titik kalian bisa menggunakan rumus ini:

ALT TAGS - rumus persamaan garis sejajar (cepet) [2] - Sarker Blog

Nah jadi gampang tho? Ada yang belum jelas? Mungkin kalau diksaih rumusnya doank masih bingung, tapi mungkin loe pade pada maksud kalo udah pake soal. Coba kalian kerjain berapa persamaan 4x+5y-6=0 sejajar dengan titik (4,2)

Untuk mengerjakan soal tadi, coba sobat masukkin angka-angkanya ke rumus cepat tadi.Jadi gini loh,
huruf “A” besar adalah nilai x pada persamaannya = 4 (inget X nya ikut ditulis ya_).
huruf “B” besar adalah nilai y pada persamaannya = 5 (inget Y nya ikut ditulis juga ya_).
huruf “a” kecil adalah nilai titik x nya = 4 (gak usah ditulis huruf X)
huruf “b” kecil adalah nilai titik y nya = 4 (gak usah ditulis huruf X)


Kalo kayak gini udah mendingan kan? Ayo kita masukkan ke rumusnya. Kalo kalian bener dalam memasukkan rumusnya, angka-angkanya akan seperti ini:
4x + 5y = 4.4 + 5.2
 4x + 5y = 16 + 10
 4x + 5y = 26

Nah, sekarang gimana? Sudah pada maksud kan? Kalau sudah Alhamdulillah, berarti ilmu yang saya sharing bermanfaat bagi teman-teman.

Mohon maaf bila ada kesalahan dalam menulis artikel ini,. Artikel ini saya tulis sendiri agar temen-temen yang lagi SMP pada pinter-pinter semua. Amin...
Bagi yang belum mudeng bisa komen..


Artikel ini ditulis oleh : Sunu Sarker

© Sarker Blog ( http://blogsarker.blogspot.com )

Tags: persamaan garis melalui sebuah titik, trik matematika persamaan garis sejajar, rumus persamaan garis sejajar, aljabar

Cara cepat Mencari Persamaan Garis Sejajar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Sunu Sarker

2 komentar:

  1. ooooooooooooohhhhh. . . gitu . . . ngerti sekarang!!! ^^

    BalasHapus
  2. Kok saya gk ketemu yah

    ni soalnya 4x+3y+5=0

    BalasHapus